Sabtu, 27 Oktober 2012

Manfaat Buah Pisang


Manfaat pisang untuk dunia kesehatan sangat banyak sekali. Buah yang banyak kita  jumpai disekitar kita ini, selain enak juga menyimpan manfaat yang mungkin jarang kita ketahui secara deetail, Diantara manfaat buah pisang bagi dunia kesehatan :
•    Meningkatkan kesehatan otak. Caranya dengan mengkonsumsi pisang 3 kali sehari sebagai pencuci mulut.akan meningkatkan daya tangkap dan konsentrasi.a
•    Untuk Penyakit usus dan Perut.  Kandungan vitamin C nya berguna sebagai pertahanan inflamasi. caranya ambil pisang kemudian dicampur dengan susu cair dapat disajikan sebagai obat penyakit usus.
•    Bisa Menyehatkan usus. Kandungan serat yang tinggi bisa mempertahankan dan memulihkan kesehatan usus.
•    Bisa Melancarkan peredaran darah. Kandungan kalium dan potasium berfungsi untuk membantu sirkulasi tubuh, sehingga peredaran oksigen ke otak menjadi lancar. Kalium juga mampu membantu denyut jantung jadi teratur, mengurangi resiko terjadinya stroke dan mengatur tekanan darah supaya normal.
•    Bagi Penderita lever. Mengkonsumsi 2 buah pisang bersama 1 sendok madu, bisa menambahnafsu makan.
•    Sebagai Sumber tenaga.  Kandungan Gula dalam pisang dengan mudah dapat dicerna dan diubah menjadi sumber tenaga, sehingga sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah.
•    Untuk Diabetes. Pisang khas Gorontalo (Sulawesi Utara) GORoho yang dikukus dan dicampur dengan kelapa parut muda, digunakan sebagai makanan tambahan bagi penderita diabetes.
•    Menurunkan Berat Badan. Diet dengan makan 4 buah pisang dan 4 gelas susu non fat atau bisa dengan susu cair setiap hari sedikitnya 3 hari dalam seminggu,akan membantu menurunkan berat badan. Kalorinya hanya 1250 dan menu ini pas dan cukup menyehatkan.
•    Menyembuhkan Luka Bakar. Caranya abu dari daun pisang ditambah dengan minyak kelapa, lalu dioleskan pada luka bakar, dipercaya akan mendinginkan kulit.
•    Mengobati bekas gigitan nyamuk. Caranya : Oleskan sedikit kulit pisang bagian dalam ke bentolan kulit bekas digigit nyamuk pada kulit. Diyakini akan mengurangi gatal dan merah bekas gigitan nyamuk.
•    Bagi Penderita Anemia. Caranya dengan mengkonsumsi 2 buah pisang setiap hari. sudah cukup karena mengandung Zat Besi (Fe yang tinggi.
•    Mengurangi nyeri haid. Kandungan Vitamin B6 nya yang cukup tinggi akan membantu mengurangi kadar gula dalam darah yang dapat merusak mood dan membuat nyeri haid.
Manfaat pisang untuk kecantikan
Untuk mengangkat sel kulit mati.
Caranya : Ambil Buah Pisang dan Strawberry lalu potong kecil-kecil, kemudian hancurkan sampai halus. Tambahkan dua sendok minyak zaitun, aduk sampai rata, jangan lupa tambahan setengah cangkir gula, aduk kembali sampai benar-benar rata. Oleskan pada kulit, usap lembut untuk mengangkat sel-sel kulit mati, diamkan sesaat lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin seminggu sekali.

Mampu mencerahkan kulit wajah
Caranya, hancurkan pisang sampai menjadi bubur, tambahkan oatmeal secukupnya dan aduk sampai merata. Oleskan pada wajah, biarkan 10-15 menit, bilas dengan air hangat. Lakukan minimal satu minggu sekali

Untuk melembutkan kulit
Caranya, siapkan setengah pisang dan alpukat, lalu blender hingga tercampur rata, tambahkan satu sendok minyak zaitun dan dua sendok makan yoghurt, aduk sampai rata. Oleskan pada wajah, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat, lalu bilas dengan air mawar. Lakukan setiap 1 minggu sekali.

Buah pisang termasuk buah yang peka zaman, dan sangat pas jika dihidangkan dalam acara apapun.

0 komentar:

Poskan Komentar