Rabu, 07 November 2012

Ditemukan, Harta Karun Koin Kuno seharga 15 Juta Dollar

Ditemukan, Harta Karun Koin Kuno seharga 15 Juta Dollar

Pada 30 tahun lalu, seorang petani menemukan koin perak dari Zaman Besi ketika sedang mengolah lahan di Pulau Jersey, Normandia.

Reg Mead dan Richard Miles hanya dua orang amatiran dengan alat detektor logam. Mereka telah mencari pada area yang sama selama beberapa dekade. Tapi, ketekunan mereka membuahkan koin perak dan emas.

Mereka menggali timbunan koin Celtic terbesar yang pernah ditemukan. Balok dari tanah liat itu berisi 30.000 hingga 50.000 koin perak dan emas dari abad pertama Masehi. Koin ini dikubur untuk mencegah pasukan Romawi mendapatkannya pada masa invasi Julius Caesar di Inggris dari Armorica.

Koin ini telah dikubur lebih dari 2.000 tahun. Harta karun ini perlu penggalian sedalam 3 kaki pada ladang petani di Jersey.

Ketika serangan Julius Caesar semakin dekat, harta ini dikubur oleh bangsa Celtic bernama Coriosolitae. Mereka berharap bisa menggalinya kembali setelah damai.

Menurut pakar numismatik, setiap koin berharga 100 hingga 200 pound sterling atau sekitar Rp150.000 hingga Rp300.000. Menurut Gizmodo, total estimasi nilai temuan harta karun terbaru ini sekitar US$15 juta. 

Pria yang menemukan koin ini yakni Mead berusia 70 tahun dan Miles berumur 40 tahunan. Mereka menduga ada harta karun pada area ini sejak tiga dekade silam. Mereka mendengar rumor petani menemukan koin perak di tanahnya.

Setelah beberapa kali gagal menyisir area ini, mereka menemukan 120 koin pada Februari.

"Richard menemukan yang pertama dan itu menakjubkan. Ketika Anda melihat dia mengangkat tangannya ke atas kepala sambil berkata,'Dapat satu'," ujar Mead, kakek yang tinggal bersama istrinya di St Clement, Jersey.

Pasangan pemburu harta ini menggunakan detektor logam untuk mencari harta karun lebih banyak lagi di ladang. Mereka beruntung pekan lalu.

"Mesin memberikan sinyal yang sangat kuat. Kami langsung mengontak arkeolog profesional. Mereka mulai menggali dan kami tidak percaya melihat jumlah koin yang ada di sini," ujar Mead seperti dilansir dari Daily Mail.

Neil Mahrer dari Museum Jersey Heritage yang membantu ekskavasi uang itu mengatakan,"Ini temuan balok koin Celtic terbesar yang pernah ditemukan, sangat menarik."

Rekor sebelumnya terjadi pada 1935 di La Marquanderie di Jersey. Dulu telah ditemukan 11.000 koin. 

0 komentar:

Poskan Komentar