Kamis, 08 November 2012

Menara Eiffel, Paris

Menara Eiffel

paris35-menaraeiffel
Menara Eiffel Tower dibangun untuk keperluan Pekan Raya Internasional di Paris tahun 1889 untuk memperingati seratus tahun Revolusi Prancis. The Prince of Wales, yang kemudian menjadi Raja Edward VII dari Inggris, meresmikan menara itu.Di antara 700 proposals yang dimasukkan dalam sebuah sayembara desain, Gustave Eiffel secara rahasia terpilih.

Pada mulanya tidak diterima oleh semua orang, terdapat petisi sejumlah 300 buah, antara lain dari Maupassant, Emile Zola, Charles Garnier ( arsitek dari Opera Garnier), serta Dumas muda –memprotes pembangunannya. Sampai tahun 1930, menara setinggi 320,75 m ( termasuk antena) serta beratnya yang 7000 ton merupakan bangunan tertyinggi di dunia.
Terdapat 1652 anak tangga sampai di puncak.Menara itu hampir saja dirobohkan tahun 1909, tetapi dapat diselamatkan karena antenanya dipakai untuk keperluan telgram. Pada mulanya, pada tahun 1910 menara itu menjadi bagian dari Pelayanan Waktu Internasional. Radio Prancis pada tahun 1918 dan kemudian televisi Prancis tahun 1957 juga memanfaatkan bangunan ini.
Bilamana kelahirannya sulit, sekarang semua orang dapat menerimanya dan harus dicatat sbagi salah satu simbol kota Paris.
Menara itu punya tiga tingkat.Sebuah restoran yang sangat mahal yakni Restoran Jules Verne berada di tingkat dua.Ada bar di tingkat paling atas, sebuah toko cindera mata dan belakangan kantor Gustave Eiffel yang direstorasi. Dari tingkat-tingkat tersebut, terutama dari tingkat paling atas, pemandangan kota Paris dapat dilihat sangat luar biasa. Satu jam sebelum matahari tenggelam merupakan pemandangan yang luar biasa.
“Metal Lady” ini diterangi oleh 352 proyector berkekuatan 1000 watts yang berkedip setiap sepuluh menit dan setiap hari setelah matahari terbenam diterangi oleh 20.000 lbola lampu dan lampu hias.
Kelap kelip Menara Eiffel pertama dibuat untuk merayakan datangnya Tahun Baru 2000. Tetapi walau ongkos listriknya mahal, penduduk Paris tak bisa dihalangi untuk mempunyai keluar biasaan ini. Perusahaan pengelola Menara Eiffel harus memikirkan kembali untuk menemukan cara baru untuk tetap membuat Menara Eiffel tetap berkelap-kelip bagaikan gemintang setiap malam. Sesudah lebih dari satu tahun lampu-lampu menara tak berkelap-kelip, maka pada pembukaannya kembali pada jam 23.20 tanggal 21 Juni 2003, lampu-lampu itu pun berkelap-kelip kembali.
Kelap kelip baru ini bagaikan bintang-gemintang yang justru jauh lebih mengesankan dari yang sebelumnya.Sistem penyinaran yang sekarang, dengan mengurangi konsumsi listriknya yang lebih hemat akan menyalakan |Menara ini smpai sepuluh tahun ke depan.
Peringatan untuk membei ucapan selamat datang pada “Metal Lady” yang didekorasi secara baru ini menggetarkan perasaan orang. Peristiwa itu juga disambut oleh seniman-seniman dunia yang terkenal.Pesta kembang api diadakan. Terdapat sekitar 200.000 orang yang mengucapkan selamat datang pada peristiwa khusus ini.Setiap orang terpukau oleh p[ertunjukan yang luar biasa ini.
Untuk mengembalikan kehidupan dan keanggunan |Menara ini pada malam hari empat buah berkas cahaya yang terus menerangi angkasa.

0 komentar:

Posting Komentar